Sosialisasi Zona Integritas Menuju BPMSPH Bebas Korupsi dan Bersih Melayani

 

img_7173Dalam Permenpan dan RB No 52 Tahun 2014 yang dimaksud dengan Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (Menuju WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (Menuju WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

img_7125

Beberapa waktu yang lalu di Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) telah diadakan  monitoring dan evaluasi oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian  terkait dengan ZI-WBK WBBM. kemudian pada tanggal 24 Agustus 2016 telah ditandatangi Surat Keputusan Kepala BPMSPH terkait dengan tim pembentukan ZI-WBK WBBM.

Tindak lanjut dari diterbitkanya SK itu adalah diadakanya sosialisasi ZI-WBK WBBM sebagai langkah awal untuk mewujutkan BPMSPH menjadi ZI-WBK WBBM sekaligus persiapan menghadapi monitoring dan evaluasi dari Kemenpan dan RB. Sosialisasi diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2016 di aula Gedung Bimtek BPMSPH dan dihadiri oleh seluruh karyawan BPMSPH. Acara yang dibuka oleh Kepala BPMSPH drh. Rr. Endang Ekowati ini Menyampaikan mengenai Visi, Misi, tugas dan Fungsi BPMSPH kemudian dilanjutkan paparan oleh Dr. Heny Nugroho dari Sekretaris Jenderal Kementerian  Pertanian.

img_7163

Dalam paparannya menjelaskan kondisi birokrasi di Indonesia yang saat ini masih dirasa gemuk, lamban dan belum profesional serta masih banyaknya penyelewengan dan penyalahgunaan keungan negara di berbagai instansi pemerintah, selain daripada itu juga masih lemahnya pelayanan publik sehingga perlu adanya Program Reformasi Birokrasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik yang bebas dari korupsi dan dan bersih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan diadakanya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi karyawan BPMSPH terkait dengan penilaian mengenai ZI-WBK WBBM sehingga dapat mempersiapkan segala data dukungnya. Selain itu juga memberikan gambaran terhadap progaram kerja Pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi dalam hal pelayanan publik yang bebas dari korupsi dan bersih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =