Kinerja dan Fokus Program Pembangunan Pertanian Tahun 2015-2019

Sebuah Kata Pengantar dari Menteri Pertanian

Andi Amran Sulaiman

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga buku Kinerja dan Fokus Program Pembangunan Pertanian Tahun 2015-2019 dapat tersusun sebagai informasi kerja nyata pemerintah di sektor pertanian. Dalam hal ini, Kementerian Pertanian telah melaksanakan kebijakan pembangunan pertanian yang diantaranya mencakup penyempurnaan regulasi, pembangunan infrastruktur, peningkatan produksi, investasi dan hilirisasi, tata niaga domestik, serta pengendalian impor, dan pendorongan ekspor.
Berbagai kebijakan dan upaya telah ditempuh untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, serta mewujukan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Program-program terobosan dijalankan berdasarkan kondisi lapangan melalui pendekatan kesisteman. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian telah menyusun kebijakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan.
Buku ini disusun dimaksudkan untuk memberi informasi selengkap-lengkapnya kepada masyarakat terkait upaya terobosan yang telah dilakukan Pemerintah dalam 2 tahun terakhir untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, capaian kinerja pembangunan pertanian sampai dengan 2016 dan program terobosan ke depan sesuai arahan Presiden RI.
Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Bapak Presiden RI yang tidak henti-hentinya memberikan arahan terhadap program yang kami susun, dan penghargaan juga kami sampaikan kepada para petani Indonesia, dan mitra kerja Kementerian Pertanian yang telah bekerja keras bahu-membahu untuk mewujudkan swasembada
pangan nasional.
Akhirnya, kami berharap buku ini bisa memberi manfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan sektor pertanian, khususnya untuk mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

 

Menteri Pertanian,

Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP

 

Selengkapnya mengenai Kinerja dan Fokus Program Pembangunan Pertanian Tahun 2015-2019 klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =