Ini Cuci Tangan yang benar untuk mencegah virus corona

Pengumuman adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona membuat sebagian orang menyerbu supermarket dan minimarket. Hand sanitizer dan masker adalah dua barang yang nyaris ludes di banyak tempat dan membuat harganya melambung.

Para ahli menganjurkan untuk melakukan sejumlah hal pencegahan penyebaran virus, termasuk salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk seperti hand sanitizer. “Sabun dan air, dan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, dapat membunuhnya,” kata direktur medis unit patogen khusus di Boston Medical Center, Dr Nahid Bhadelia, kepada The Post. Namun, terkait mana yang lebih efektif, Bhadelia dan beberapa pakar lainnya percaya bahwa membersihkan tangan secara umum merupakan pilihan yang lebih baik.

Cuci tangan juga dianggap lebih efektif untuk menghilangkan kotoran yang membandel dan membunuh patogen tertentu. Selain itu, cuci tangan dengan sabun juga dinilai bisa membantu kita menangkal lebih dari virus corona. “Ini juga akan melindungi kita dari penyakit menular lainnya, seperti flu dan penyakit diare,” kata Bhadelia.

Salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan cuci tangan sebelum makan maupun melakukan aktivitas apapun menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Pilih sabun maupun cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol sebesar 60%.

Cara mencuci tangannya pun harus tepat agar Anda terhindar dari virus Corona, kuman dan bakteri. Lantas, bagaimana cara cuci tangan sebelum makan yang tepat agar Anda terhindar dari virus Corona?

Basahi tangan dengan air, boleh menggunakan air hangat maupun dingin. Lalu tuangkan sabun ke telapak tangan.

  1. Usap kedua telapak tangan Anda secara perlahan dengan gerakan memutar.
  2. Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Bersihkan seluruh bagian tangan hingga merata, dari pergelangan tangan, punggung tangan sela-sela jari hingga kuku. Lakukan selama 20 detik.
  3. Bersihkan seluruh bagian jari dengan gerakan memutar, satu demi satu.
  4. Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran.
  5. Keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  6. Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih.

Jika kesulitan menemukan sabun, Anda dapat cuci tangan sebelum makan menggunakan cairan pencuci tangan seperti hand sanitizer. Pastikan produk tersebut mengandung kadar alkohol setidaknya 60%.

Caranya, tuangkan cairan secukupnya pada telapak tangan Anda. Lalu, usapkan secara merata ke seluruh bagian tangan hingga cairan mengering.

Meski tampak sederhana, sebagian besar individu kerap salah kaprah menjalankan aktivitas cuci tangan sebelum makan, tanpa memperhatikan proses cuci tangan yang tepat dan semestinya. Kesalahan umum yang sering terjadi saat mencuci tangan antara lain:

  • Hanya memakai air, tanpa sabun

Tidak sedikit individu yang cuci tangan sebelum makan menggunakan air saja. Padahal air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan. Tak ayal, penting bagi Anda untuk selalu menggunakan sabun dalam bentuk apapun, agar tangan benar-benar bersih dan terhindar dari bermacam bahaya penyakit. Termasuk penyakit mematikan yang disebabkan virus Corona.

  • Buru-buru membilas dengan air

Berilah waktu sekitar 15-25 detik untuk menggosokkan sabun secara merata ke seluruh bagian tangan Anda. Hindari terburu-buru membilas tangan menggunakan air. Sebab jika terburu-buru, proses mencuci tangan tidak efektif membasmi kuman.

  • Menggunakan mesin pengering

Tak jarang, tangan yang sudah dicuci kemudian dikeringkan dengan mesin pengering. Padahal sebuah penelitian menyatakan mengeringkan tangan menggunakan tisu maupun handuk bersih, jauh lebih baik ketimbang menggunakan mesin pengering.

  • Menyentuh keran lagi

Setelah mencuci tangan, tidak sedikit individu lalai menggunakan tangan yang telah bersih untuk mematikan keran. Padahal cara ini justru dapat membuat tangan Anda kembali terkontaminasi kuman dan bakteri. Langkah terbaik adalah dengan mematikan keran menggunakan tisu kering.

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan ternyata terdengar sepele. Namun dampaknya bisa mencegah penyebaran virus Corona.

sumber:

https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/best-way-to-wash-your-hands/

https://www.sehatq.com/artikel/langkah-tepat-cuci-tangan-sebelum-makan-untuk-kesehatan

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/03/103618720/cegah-corona-cuci-tangan-lebih-efektif-dibanding-hand-sanitizer?page=all

Leave a Reply

1
Hallo .. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by
Facebook
Twitter
YouTube
INSTAGRAM
SOCIALICON
%d bloggers like this: