Mengecilkan / Kompress File Dokumen Kantor Berformat .pdf menggunakan Orpalis PDF Reducer

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dalam dunia perkantoran, mungkin anda pernah mengalami kondisi di mana harus meng-upload file .pdf dalam jumlah cukup banyak di mana email atau aplikasi web yang anda gunakan hanya membatasi maksimal 20 MB atau kurang sekali upload. Sedangkan anda dituntut cepat dalam mengirimkan atau mengirimkan dalam ukuran yang dibatasi per filenya. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan tips yang cukup berguna bagi anda yang ingin mengecilkan file dokumen berformat .pdf. Dalam mengecilkan ukuran file .pdf ada dua macam cara yang bisa digunakan, yaitu secara online dan offline.

Kami hanya akan membahas cara offline dengan menggunakan software Orpalis PDF Reducer tanpa bermaksud promosi karena software ini cukup mudah digunakan dan bisa meng-kompress hinggal lebih dari 50% ukuran file aslinya (pengalaman kami).

Langkah-Langkah:

1. Download Orpalis Pdf Reducer di sini:  https://pdfreducer.orpalis.com/ . Ada versi gratis dan berbayar. Pilih sesuai kebutuhan anda. Perbedaan hanya di kemunculan iklan dan pembatasan kemampuan, namun versi gratisnya sudah cukup dapat diandalkan dan bagusnya tidak ada “watermark” yang menempel di dokumen kita seperti versi gratis beberapa program sejenisnya.

2. Install dan ikuti petunjuknya.

3. Buka programnya. Untuk versi gratis, akan ada iklan dan harus menunggu sekian detik.

4. Pilih folder sumber file / input yang akan dikompress di kolom “Source” (Poin 1 dalam gambar). Ingat, program ini akan mengkompress isi keseluruhan suatu folder.

5. Pilih folder di mana akan disimpan hasil output (“Destination”) program ini (Poin 2 dalam gambar) . Sebaiknya buat folder baru. Misalnya “Hasil Kompress” di dalam atau di luar folder input.

6. Klik Tombol “Start Batch” (Poin 3 dalam gambar). Pada versi gratis, kemampuannya hanya “single process” dan sekali lagi akan keluar iklan jika file yang mau di-kompress cukup banyak.

7. Periksa hasil kompress. Bandingkan dengan file asli. Hasil kompress bervariatif dari 0 – >50%. Mengapa ada yg 0%? Mungkin file tersebut sudah pernah dikompress sebelumnya atau ada faktor X lainnya  🙂 .

Semoga artikel ini bermanfaat dalam menjalankan tugas anda di kantor. Salam hangat dari BPMSPH.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Leave a Reply

Facebook
Google+
Twitter
YouTube
SOCIALICON
%d bloggers like this: